Home » » REAKSI PENGGARAMAN

REAKSI PENGGARAMAN



1. Reaksi I
Asam + Basa  ====> Garam + Air
Rumus : HxZ + L(OH)n   ====>  LxZn + H2O
Contoh :
    a. HCl + NaOH  ===>  NaCl + H2O
    b.3H2SO4 + 2Al(OH)3  ===> Al2(SO4)3 + 6H2O
    c. 2CH3COOH + Pb(OH)2  ===> Pb(CH3COO)2 + H2O
Untuk Reaksi II dan III
Unsur : - Logam + O2 ====> Oksid Basa. Oksid Basa + H2O ===> Basa
- Non Logam + O2 ====> Oksid Asam. Oksid Asam + H2O ===>  Asam
Oksid = pembentuk
Oksid asam = pembentuk asam
Macam ± macam Oksid
1) Berdasarkan unsur asalnya, ada 2 macam yaitu :
    a. Oksid Logam
                    Contoh : Fe2O3, Al2O3, K2O ( logam + O2 )
    b. Oksid non Logam
        Contoh : CO2, SO3, P2O5, dll.
2) Berdasarkan sifatnya, ada 5 macam yaitu :
    a. Oksid Basa
        Contoh : Na2O, K2O, CaO, SrO, BaO (golongan IA dan IIA + O2)
    b. Oksid Asam
        Contoh : N2O5, SiO2, ClO2, dll
    c. Oksid Amfoter
Yaitu oksid yang dapat membentuk asam maupun basa tergntung lingkungannya.Dalam lingkungan asam akan membentuk basa, dalam lingkungan basa akan membentuk asam.
Contoh : Al2O3, ZnO, As2O3, As2O5, Sb2O3, Sb2O5, SnO, SnO2, PbO, PbO2, Cr2O3, Mn2O7
Indiferent yang tidak dapat membentuk asam atau basa.
d. oksid gelak
     Contoh : CO, H2O, N2O / gas
     e. Peroksida
Yaitu oksida yang kelebihan atom O (umumnya kelebihan satu atom)
Contoh : Na2O2 : natrium peroksida
   CaO2 : kalsium peroksida
   H2O2 : hidrogen peroksida / perhidrol
2. Reaksi II
Oksid Basa + Asam ===> Garam + Air
   Contoh :
      a. Na2O + 2HCl  ===>  2NaCl + 2H2O
      b.3SrO + 2H3PO4 ===>  Sr3(PO4)2 +3H2O
3. Reaksi III
Oksid Asam + Basa   ===>  Garam + Air
   Contoh :
      a. CO2 + KOH     ===>  K2CO3
      b. P2O5 +3Ba(OH)2  ===>  Ba3(PO4)2 +3H2O
4. Reaksi IV
Oksid Asam + Oksid Basa ===>   Garam
   Contoh :
      a. MgO + N2O3  ===>  Mg(NO2)2
      b. Al2O3 +3SO3  ===>  Al2(SO4)3
5. Reaksi V
Logam + Asam Keras (Kuat) Encer  ===>  Garam + Gas H2
Rumus : L + HxZ(aq)  ===>   LxZn + H2(g)
 $Logam L harus terletak di sebelah kiri H dalam deret Volta
Contoh :
    a. Zn + HCl(aq)  ===>  ZnCl2 + H2(g)
    b. Cu + H2SO4(aq)  ===>   tidak berlangsung
· Jika asamnya HNO3
Contoh :
    a.3Cu + 8HNO3 encer ===>3Cu(NO3)2 + 4H2O(l) + 2NO(g)
    b. Cu + HNO3 pekat  ===>  Cu(NO3)2 + H2O(l) + NO2(g)
6. Reaksi VI
Logam + Garam    ===> Logam Baru + Garam Baru
Rumus : M + LZ    ===>  L + MZ
  Syarat agar reaksi dapat berlangsung:
· Logam M harus terletak di sebelah kiri logam L
     Contoh :
a. Al + FeCl3   ===> Fe + AlCl3
b. Zn + CuSO4   ===>  Cu + ZnSO4
c. Cu + ZnSO4  ===>  tidak berlangsung, karena Cu di kanan Zn
7. Reaksi VII
Garam I + Garam II   ===> Garam Baru III + Garam Baru IV
Rumus : LZ + MX  ===>  LX + MZ
  Syarat reaksi berlangsung :
· Garam LX atau garam MZ harus mengendap.
    Contoh :
a. Na2CO3(aq) + Ca(NO3)2(aq)   ===>  NaNO3(aq) + CaCO3(s)
b. KCl(aq) + MgSO4(aq  ===>  tidak berlangsung karena tidak ada endapan.
8. Reaksi VIII
Garam LZ + Basa MOH  ===> Garam MZ + Basa LOH
  Syarat reaksi berlangsung :
· garam MZ dan atau basa LOH harus mengendap. Jika basa LOH tidak mengendap, maka harus merupakan basa hipotetik.
    Contoh :
a. Perak nitrat + natrium hidroksida
    AgNO3(aq) + NaOH(aq)  ===>  NaNO3(aq) + AgOH(s)
b. Amonium fosfat + barium hidroksida
    (NH4)3PO4(aq) + Ba(OH)2(aq)  ===>  Ba3(PO4)2 (s) + NH3(g) + H2O(l)
c. CuSO4(aq) + Ca(OH)2   ===>    CaSO4(s) + Cu(OH)2(s)
d. Natrium klorida + kalium hidroksida
NaCl(aq) + KOH(aq)   ===>  tidak berlangsung karena hasilnya larut semua (basa mantap)
9. Reaksi IX
Garam LZ + Asam HX    ===>   Garam LX + Asam HZ
Reaksi ini ada 2 yaitu :
a) Jika garam LZ di ruas kiri mudah larut dalam air, syarat reaksi berlangsung :
·        Garam LX di ruas kanan harus mengendapdalam asamkeras encerdan atau asam
     HZ berupa gas ataua samhipotetik.
Contoh :
    1) Na2SO3(aq) + 2HCl(aq)   ===>   2NaCl(aq) + H2O(l) + SO2(g)
    2) Seng klorida + asam nitrat
        ZnCl2(aq) + HNO3(aq)    ===>  Zn(NO3)2(aq) + HCl(g)
    3) Natrium fosfat + asam sulfat
        2Na3PO4(aq) +3H2SO4(aq)  ===>  3Na2SO4(aq) + 2H3PO4(aq)
       Ca, Sn, Ba, Pb& dengan asam sulfat dapat larut.
b) Jika garam LZ mengendap di dalam air, syarat reaksi berlangsung :
· Garam LZ harus mudah larut dalam asamkeras encer
      Contoh :
1.      Ca3(PO4)2(s) + HCl(aq)   ==>   CaCl2(aq) + H3PO4(aq)
2.   BaSO4(s) + HNO3(aq)    ===>   tidak berlangsung 
 
Sumber: http://widiyaka.blogspot.com/2013/02/9-macam-reaksi-penggaraman.html

4 komentar:

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jaya Pura Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085320279333
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS .

    BalasHapus
  2. Apakah Andari hearts kesulitan Keuangan? Apakah Andari Perlu
    Pinjaman untuk review memulai Bisnis ATAU untuk review membayar Tagihan Andari?
    Kami memberikan Pinjaman ditunjukan kepada orangutan Yang Membutuhkan Bantuan Dan Kami memberikan Pinjaman ditunjukan kepada Perusahaan Lokal, internasional Dan also PADA Tingkat bunga Yang Sangat Rendah Dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih Dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

    BalasHapus
  3. Hari yang baik,
    Nama saya Marcu Dorlca, saya berasal dari Romania. Saya ingin memberi keterangan mengenai peminjam yang baik yang menunjukkan saya cahaya selepas dia ditipu oleh dua peminjam antarabangsa yang berlainan di Internet, semuanya berjanji untuk memberi saya pinjaman selepas mereka membuat saya membayar banyak cukai dan mereka tidak memberi saya apa-apa dan tidak mempunyai sebarang keputusan yang positif. Saya telah kehilangan wang yang saya hasilkan dan jumlah itu (3,000 euro). Suatu hari saya melayari internet yang kelihatan keliru dan frustrasi, maka saya mendapat kesaksian dari seorang wanita yang juga ditipu dan akhirnya terikat dengan kredit yang sah dan boleh dipercayai Puan Alicia Radu (aliciaradu260@gmail.com) di mana dia akhirnya mengambil pinjaman, jadi saya memutuskan untuk menghubungi syarikat pinjaman yang sama dan kemudian saya memberitahu mereka tentang bagaimana saya telah dirompak oleh dua pemiutang yang berbeza yang tidak Lebih daripada memberi saya lebih banyak kesakitan. Saya menerangkan kepada mereka melalui e-mel. Mereka memberitahu saya untuk berhenti menangis kerana saya akan mengambil pinjaman saya dari syarikat mereka dan juga membuat pilihan yang tepat dengan menghubungi mereka. Saya telah menyelesaikan borang pinjaman dan saya telah melakukan semua yang saya telah diminta dan saya telah diberi pinjaman sebanyak 25,000.00 € oleh syarikat besar ini. Di sini saya gembira dengan keluarga saya hari ini kerana ibu Alicia Radu memberi saya pinjaman, maka saya bersumpah kepada diri saya sendiri bahawa saya akan terus memberi keterangan di internet tentang bagaimana saya menerima pinjaman saya. Saya fikir orang lain juga menjadi saksi dan pemiutang yang sama. Adakah anda memerlukan pinjaman kecemasan? Mohon dan cepat hubungi ibu dengan e-mel: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda masih boleh menghubungi saya jika anda memerlukan maklumat lanjut melalui e-mel: (marcudorlca750@gmail.com)

    BalasHapus
  4. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang CREDIT UNION DAYA LESTARI di salah satu blog saya menghubungi CREDIT UNION DAYA LESTARI konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email:::(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    dia BBM INVITE:{D8980E0B}
    Calls Only ::{+12542276869}
    WhatsApp Only::{+33753893351}

    BalasHapus

Comment