Siapa yang tidak kenal D’Cost, restoran seafood
ini cukup fenomenal di jagat industri kuliner. Dalam waktu relatif
singkat, perusahaan ini sudah dikenal luas oleh masyarakat dan
restorannya selalu ramai dikunjungi para penikmat seafood.
Perusahaan ini bukanlah perusahaan triliunan rupiah yang bisa
mengeluarkan puluhan miliar untuk beriklan di televisi. Namun,
perusahaan ini punya kiat untuk bisa populer dengan bujet terbatas.
D’Cost selalu mengeluarkan promosi
diskon gila-gilaan. Contohnya, Makan Sepuasnya, Bayar Sesukanya, Diskon
Sesuai Umur, sampai Diskon Gerombolan. Makin banyak gerombolan yang
datang, makin banyak diskonnya. Kalau pemiliknya bilang, “Hanya orang
bodoh saja yang mau melakukan promo ini”.
D’Cost melakukan sejumlah strategi
yang boleh dikata berani keluar dari pakem-pakem yang ada. Serangkaian
promonya yang unik dan sama sekali berbeda memang menarik untuk diikuti.
D’Cost seperti membawa petunjuk baru dalam berbisnis restoran. Akan
tetapi, apa yang dilakukan oleh perusahaan yang sudah berumur enam tahun
ini sejatinya dapat pula dipraktikkan oleh bisnis-bisnis lainnya.
Aroma kreativitas selalu tercium
pada setiap strategi yang dijalankan D’Cost. Ciri khasnya ialah selalu
menimbulkan rasa penasaran dan membuat geger. Tentu saja kesuksesan
D’Cost dalam melakukan strategi pemasaran ini tak lepas dari tangan
dingin Sang Nahkoda PT Pendekar Bodoh (D’Cost), David Vincent Marsudi.
Untuk mengetahui lebih jauh tentang gaya kepemimpinan dia, bisa disimak
hasil wawancara dia dengan jurnalis Majalah MARKETING, Andri Darmawan dan fotografer Asep Tony. Berikut petikan wawancara seperti dikutip Marketing.co.id :
Bisa diceritakan awal-awal terjun ke bisnis restoran seafood?
Begini, enam tahun silam, seafood
itu sering dipersepsikan mahal. Padahal, makanan ini termasuk sehat dan
lezat. Dari situ kami berpikir, bagaimana bisa menyediakan makanan seafood seharga ibu masak di rumah sehingga bisa dinikmati oleh semua segmen. Muncullah D’Cost ini.
Tantangan pertama yang dihadapi ketika itu?
Proses pengadaan bahan baku. Ini yang paling sulit. Terus terang latar belakang saya dan sebagian rekan di D’Cost dari properti. Seafood itu berbeda dari makanan berbahan baku ayam atau sapi yang jumlahnya melimpah. Seafood itu seasonally,
begitu musimnya tiba, harus membeli sebanyak mungkin untuk persediaan.
Setelah dibeli, persoalan berikutnya penyimpanan. Setelah kami pelajari,
ternyata ada metodenya. Jadi, bila disimpan pada suhu -25ºC, bahan baku
akan tahan 3 bulan, tetapi kalau ditaruh pada suhu 4ºC, bisa tahan 3
hari, dan apabila ditempatkan pada suhu ruangan cuma tahan 3 jam. Jadi, 3
bulan, 3 hari, dan 3 jam. Kalau barangnya fast moving
kami taruh di suhu 4ºC. Dari ilmu ini kami bisa memasok bahan baku
secara aman ke setiap cabang hingga sekarang. Kemudian, untuk bagian
lainnya, tidak ada masalah karena manajemennya sama dengan bisnis-bisnis
pada umumnya.
Lokasi pertama D’Cost di mana?
Kemang, Jakarta Selatan. Sengaja
kami pilih di sana agar menarik perhatian masyarakat. Sebab strategi
kami ialah cari nama dulu baru untung. Seperti yang kita ketahui, Kemang
merupakan daerah elite, umumnya restoran yang berdiri di sana adalah
restoran premium. Nah,
tiba-tiba muncul D’Cost, restoran harga kaki lima, dengan mutu bintang
lima. Alhasil, gegerlah masyarakat sekitar sana. Dari segi nama
perusahaan pun kami buat unik, yakni PT Pendekar Bodoh. Mengapa kami
menggunakan nama yang agak nyeleneh,
karena prinsip memilih nama agar mencuri perhatian hanya ada dua cara,
nama yang bagus sekali, atau sebaliknya. Dan kami pilih yang sebaliknya.
Tetapi, setiap nama pasti memiliki filosofi, bukan?
Benar, mengapa PT Pendekar Bodoh?
Umumnya sebagai konsumen, kita pasti ingin membeli barang bagus dengan
harga murah, dan sebagai pengusaha ingin menjual barang bagus dengan
harga yang mahal itu lazim. Nah, filosofi bisnis kami adalah give and receive.
Memberi dulu, nanti pasti akan menerima. Pengusaha semacam ini menurut
kami bodoh, tetapi jiwanya pendekar karena bertujuan membantu orang, wong memberi kok. Karena itu, nama PT Pendekar Bodoh dipilih. Sama halnya PT Bocuan Gapapa yang menaungi brand terbaru
kami, D’Stupid Baker. Prinsip kami memulai bisnis itu tidak untung dulu
tidak apa-apa, yang penting nama tenar. Bila skala ekonomi usaha
semakin besar, keuntungan nanti pasti akan datang. Contoh, Google dan
Yahoo, mereka perusahaan raksasa yang dimulai dari memberi gratis dulu
kepada orang-orang.
Strategi D’Cost banyak yang terkenal nyeleneh, boleh tahu alasannya?
Nyeleneh-nya bukan asal nyeleneh. Seperti yang sudah dijelaskan, filosofi bisnis kami adalah give and receive, maka dalam membuat strategi pun harus too good to be true.
Artinya apa? Strategi tersebut harus memiliki nilai. Contoh program
“Diskon Sesuai Umur” yang membuat anak-anak semakin cinta pada orangtua,
terutama di hari Selasa. Dengan program ini, keluarga yang makan di
D’Cost bisa mendapat diskon berdasarkan umur tertua dari anggota
keluarganya. Misal, yang paling tua berumur 70 tahun, maka diskonnya
70%.
Kemudian, untuk segmen anak muda,
kami juga ada program “Diskon Sesuai Umur”. Pelanggan cukup membayar
sesuai umur mereka. Misal, Anda makan habis Rp10.000, dan umur Anda 20
tahun, maka yang dibayar cukup 20% saja, atau Rp2.000. Lalu, untuk
karyawan yang rata-rata berumur di bawah 30 tahun, kami menghadirkan
D’Cost Quick. Saat ini lokasinya masih di Plaza Festival, Kuningan,
Jakarta. Yang spesial dari sini adalah paket menu Rp10.000 plus es teh
manis. Paket menu ini sengaja dibuat karena kami menyadari bahwa
rata-rata dari mereka adalah first jobber yang uang makannya belumlah seberapa.
Program lain yang tak kalah unik
misalnya “Uang & Doa”. Di setiap hari keagamaan, kami adakan program
untuk pelanggan cukup menulis doa di secarik kertas. Doanya terserah,
lalu berikan kepada pihak D’Cost, maka itu sudah setara dengan membayar
50%. Ini dilakukan hanya pada cabang-cabang tertentu, yang informasinya
bisa dilihat pada website, Facebook, serta Twitter D’Cost.
Apa kunci membuat promo yang menarik?
Simpel, posisikan diri Anda sebagai
konsumen. Gali kebutuhan dasar mereka, lalu buat program yang
memfasilitasi kebutuhan tersebut. Dan, upayakan agar membuat promo yang
konsumen tidak kuasa menolaknya. Salah satu contoh program kami yang
cukup menuai respons positif adalah Program Paket Nikah, “Hamil Dulu
Baru Bayar”. Program ini menyedot minat yang besar. Misinya ingin
membantu pasangan menikah yang ingin resepsi tetapi tidak punya biaya.
Program ini berlangsung setiap hari Minggu di D’Cost WTC Mangga Dua,
Jakarta. Syaratnya sangat mudah, cukup fotokopi KTP dan surat nikah,
lalu ajukan ke kami.
Sampai sekarang, apakah sudah ada yang membayar?
Sejak diluncurkan di awal tahun
2012 sampai sekarang belum ada yang membayar. Apakah kami pusing? Tidak,
karena tugas D’Cost hanya menjalankan misi sebagai perusahaan F&B
yang membawa manfaat bagi masyarakat. Selebihnya biar “departemen Tuhan”
yang mengatur.
Apa yang menginspirasi Anda melakukan itu?
Kesadaran bahwa di atas segalanya,
Tuhan-lah yang mengatur dan menjadi bos saya. Ada salah satu buku yang
cukup menginspirasi bagi saya dan teman-teman, berjudul God is My CEO,
penulisnya Larry Julian. Isi buku tersebut menjelaskan, kalau CEO-nya
Tuhan, kebijakan apa yang akan diambil? Ini menjadi suatu tantangan bagi
pebisnis dalam mengambil keputusan di segala bidang. Pikirkan apa yang
Tuhan inginkan, bukan apa yang kita inginkan. Akan ada banyak kejutan
bila ini dapat dilakukan dengan ikhlas, bahkan akan mendobrak hukum
ekonomi yang dipelajari selama ini.
Apa strategi di tahun depan?
Yang jelas, kami
masih akan menawarkan promo-promo unik. Beberapa yang sudah berjalan
masih terus dipertahankan, seperti Up to You Price, Makan Sesukanya,
Bayar Sesukanya pada setiap pembukaan cabang baru di hari Rabu selama
sebulan. Program ini sudah enam tahun. Lalu, yang kedua, promo Diskon
Umur, ini juga sudah berjalan tiga tahun lebih, dan masih akan
dijalankan tahun depan. Bila di tahun ini kami menelurkan dua brand baru, yaitu D’Cost Quick dan D’Stupid Baker, di tahun depan akan tetap sama dengan merilis brand-brand
baru yang bergerak di sektor usaha F&B yang oleh masyarakat umumnya
dikenal mahal, akan kami buat menjadi makanan yang terjangkau dengan
rasa berani bersaing.
Apa rencana D’Cost selanjutnya?
Yang paling dekat dulu, kami akan
membuka 13 cabang dari 57 cabang di tahun 2013, dan membuka 50 D’Cost
Quick, serta 50 D’Stupid Baker. Kami juga mau menawarkan franchise. Konsepnya akan berbeda dari franchise yang lain. Gambarannya, kami akan mengawinkan franchise dengan properti. Jadi, selain usaha, para mitra bakal memiliki aset berupa properti. Keuntungan yang didapat ganda, dari profit bisnis, dan gain investasi properti. Orang menjalankan bisnis restoran itu keuntungannya belumlah besar bila belum memiliki properti sendiri. Dan, nilai investasi properti
pun cenderung lambat bila hanya “dijemur”, atau tidak difungsikan sama
sekali. Perpaduan ini kami yakin akan menjadi sesuatu yang inovatif dan
menguntungkan bagi mitra. Nah, untuk jangka panjang, nantinya di tahun 2015, kami ingin go international, lalu pada tahun 2018, mudah-mudahan sudah bisa go public.
Sumber : http://www.ciputraentrepreneurship.com/perusahaan-a-merek/nasional/merek/23848-dcost-sukses-memainkan-strategi-promosi.html
KISAH NYATA..............
BalasHapusAss.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jaya Pura Ingin Berbagi Cerita
dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.
KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!
((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))
Pesugihan Instant 10 MILYAR
Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :
Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
dll
Syarat :
Usia Minimal 21 Tahun
Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda
Proses :
Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
Harus siap mental lahir dan batin
Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
Pada malam hari tidak boleh tidur
Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :
Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
Ayam cemani : 2jt
Minyak Songolangit : 2jt
bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt
Prosedur Daftar Ritual ini :
Kirim Foto anda
Kirim Data sesuai KTP
Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR
Kirim ke nomor ini : 085320279333
SMS Anda akan Kami balas secepatnya
Maaf Program ini TERBATAS .
Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
BalasHapuspinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
Terima kasih
Terima kasih dan Tuhan memberkati
Ibu Kelly